Kamis, 30 Mei 2013

Soal CPNS 2013 dan Trik Menjawabnya

Menjadi PNS masih menjadi profesi idaman bagi sebagian masyarakat kita. Karena persaingan memperebutkan posisi PNS saat ini sangat ketat, Sobat perlu menguasai trik-trik jitu mengerjakan bentuk-bentuk soal CPNS. Berikut ini  saya akan membagikan sedikit tips yang mungkin berguna bagi teman-teman yang akan mengikuti tes CPNS. Dalam hal ini, saya akan menjelaskan tips-tips untuk menjawab soal sehingga nilai yang kita peroleh dapat maksimal.
Sebelum melangkah terlebih jauh, kiranya perlu saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana bentuk atau macam dari soal tes CPNS, tujuannya tidak lain agar orang yang memang belum pernah ikut tes punya gambaran mengenai apa saja yang perlu untuk di pelajari. Berikut penjelasannya:
secara umum, soal dalam tes CPNS terdiri atas 100 nomor yang dibagi atas 3 bagian besar, yakni:
1. Pengetahuan umum
  • soal yang sering muncul dalam bagian ini, pada umumnya yang menyangkut hal-hal kenegaraan, misalnya Undang-undang, pengertian negara, atau dengan kata lain kebanyakan soalnya berhubungan dengan mata pelajaran IPS atau PKn.
2. Tes Skolastik
  • pada bagian ini, biasanya diawali dengan padanan kata, misalnya ayam : berkokok, maka anjing : ......,
  • selain itu sinonim maupun antonim juga pasti ada, jadi sering-seringlah membaca kamus
  • deret angka, misalnya 2, 5, 7, 12, ....., ......, ...... adalah soal yang pasti muncul,
  • logika, misalnya semua yang memakai rok adalah wanita. Anti memakai rok, maka kesimpulannya adalah .....?
  • Yang terakhir adalah perbandingan, luas, dan volum.
3. Tes kematangan
  • pada bagian ini, soal-soalnya tidak ada jawaban yang 100 % salah, akan tetapi, setiap jawaban memiliki bobot tertentu. dan sebenarnya di soal inilah penentu lulus tidaknya seseorang, kenapa?? penjelasannya baca di bawah.
  • meski pada tes kematangan soal-soalnya sulit diprediksi, akan tetapi secara garis besar soal-soal tersebut sebenarnya juga terdiri atas beberapa bagian.
Selanjutnya, bagaimana trick agar nilai kita maksimal.??? Asal tahu saja, bahwa waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal-soal Tes CPNS adalah 120 menit (2 jam), menurut Anda bagaimana? waktunya kurang atau lebih??
Kalau secara pribadi, bagi saya waktunya itu terlalu banyak, karena untuk menyelesaikan 100 nomor, saya cuma membutuhkan 80 menit. Namun, dari penjelasan teman-teman saya bahwa waktunya itu sangat singkat, sehingga banyak soal yang tidak terjawab terutama soal tes kematangan. Padahal hal itu tidak perlu terjadi,. dan justru fatal akibatnya jika soal kematangan tidak terjawab dengan sempurna. Mengapa??? Berikut penjelasannya.


Dari sumber yang saya dapat, penskoran dari tes CPNS adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan Umum ( skor maksimum 75 )
2. Tes Skolastik ( skor maksimum 100 )
3. Tes Kematangan ( skor maksimum 250 ),


Melihat hal di atas, Anda tahu artinya kan?? meskipun pengetahuan umum dan skolastik kita nilainya bagus, akan tetapi tes kematangan kurang, maka untuk lulus rasanya cuma angan-angan. Akan tetapi, jika tes kematangan bagus, maka kelulusan bukan cuma impian tetapi bisa menjadi kenyataan.


Jadi, saat mengerjakan soal, mulailah dari tes kematangan, kemudian pengetahuan umum, dan yang terakhir baru skolastik. karena jika kita kerjakan secara beruruutan, dapat dipastikan bahwa waktu kita akan habis pada tes skolastik. Lagi pula, setiap jawaban pada tes kematangan memiliki nilai tersendiri.


Selain itu, yang perlu kita ketahui, pada umumnya, di tes kematangan soal-soal yang muncul selalu ada hubungannya dengan pimpinan di tempat kerja, hubungan dengan rekan kerja, organisasi, pengambilan keputusan terhadap suatu masalah yang kita hadapi. Jadi, bijaklah dalam memilih.... Dan sebenarnya soal-soal tersebut saling terkait, misalnya pada soal nomor 68 membahas mengenai organisasi, maka pada beberapa soal berikutnya (misalnya nomor 76 ) juga membahas organisasi, jadi antara jawaban 68 dan 76 jangan sampai bertentangan atau bertolak belakang. Sebagai contoh, di nomor 68, kita setuju perubahan dalam organisasi, namun, pada nomor 76 kita benci organisasi, tentu saja ini menjadi masalah tersendiri....


Sekian tips saya, semoga bermanfaat....

3 komentar:

  1. makasih bro tas infonya, moga bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus
  2. Kita ketahui sebentar lagi di tahun 2014 ini pemerintah akan membuka lowongan 100 ribu Calon Aparatur Sipil Negara (ASN)
    yang terdiri dari 60 ribu CPNS dan 40 Ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK),untuk menunggu pembukaannya tidak salahnya
    kita berlatih dan belajar mulai dari sekarang, dapatkan soal dan model latihan test dengan system CAT KLIK DISINI

    BalasHapus
  3. makasih atas infonya admin, sangat bermanfaat.

    Jangan lupa mengunjungi website saya : www.jagoanusm.com

    Juppist ialah kepanjangan dari Jagoan USM Para Pemimpi STAN. Grup khusus untuk diskusi mengenai materi TPA dan Bahasa Inggris. Tempat Anda mencari pengetahuan yang Gratis-an, makin dibaca makin ketagih-an, tanpa perlu mikir-mikir bergabung menjadi bagiannya . So, jangan ragu jika Anda ingin menjadi Jagoan dalam Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris jadilah bagian dari kami !!

    BalasHapus